Saturday, September 19, 2009

The Thin Red Line


Yin dan Yang. Some of you might be wondering: Wtf is Yin Yang actually?
Cuma gambar lingkaran, tengah-tengahnya terbagi dua oleh sebuah garis berombak. Satunya putih dengan titik hitam, satunya hitam dengan titik putih.

Konsep Yin Yang atau Yinyang (Hanzi: 陰陽) berasal dari filsafat Cina dan metafisika kuno yang menjelaskan setiap benda di alam semesta memiliki polaritas abadi berupa dua kekuatan utama yang selalu berlawanan tapi selalu melengkapi. Yin bersifat pasif, sedih, gelap, feminin, responsif, dan dikaitkan dengan malam. Yang bersifat aktif, terang, maskulin, agresif, dan dikaitkan dengan siang. Yin disimbolkan dengan air, sedangkan Yang disimbolkan dengan api.Yin (feminin, hitam, bersifat pasif) dan Yang (maskulin, terang, bersifat aktif) adalah dua elemen yang saling melengkapi. Setiap kekuatan di alam dianggap memiliki keadaan Yin dan Yang.Kemungkinan besar teori Yin dan Yang berasal dari ajaran agama agraris zaman kuno. Konsep Yin Yang dikenal dalam Taoisme dan Konfusianisme, walaupun kata Yin Yang hanya muncul sekali dalam kitab Tao Te Ching yang penuh dengan contoh dan penjelasan tentang konsep keseimbangan.Konsep Yin Yang merupakan prinsip dasar dalam ilmu pengobatan tradisional Cina yang menetapkan setiap organ tubuh memiliki Yin dan Yang. (Wikipedia)

Secara pribadi, I'm not a Daoist, but this Yin Yang concept has always fascinates me. Kita, manusia, tidak hitam ataupun putih. We're simply grays. Yang terlihat putih pun pasti memiliki hitam di dalamnya, and vice versa.

You know how di film-film yang di dalamnya ada mafia, gangster, triad, atau semacamnya, somehow some of them still find the time to go to the church? Or wihara, mosque, etc. Yeah those movies are trying to show us, even the evilest ones still need to look up to the greater good. This concept really really blows my mind like a twister. Hahaha berlebihan.

Here's a quote from a Mentalist episode, The Thin Red Line
Patrick Jane: It's nice to be nice. But if you want to get ahead in life, sometimes you have to be a bitch. I know you know how.
Grace Van Pelt: Gee, thanks.
Patrick Jane: It's all about the balance, Grace. Yin, Yang. Nice, bitch. Little bit of bitch inside the nice, a little bit of nice inside the bitch.
Grace Van Pelt: Yeah, I'll work on that.
Patrick Jane: Keep 'em guessin'.

Godspeed.

1 comment:

vjosch said...

keren ya yin dan yang. konsep yang bener2 buat gw amazed